KOMIK JUGA SEBUAH MATEMATIKA (Lucu)

Media pendidikan merupakan alat komunikasi untuk lebih mengefektifkan proses pembelajaran. Media pendidikan sangat membantu dalam upaya mencapai keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Sebuah terobosan baru untuk dunia pendidikan kita yang dikhususkan untuk anak sekolah dasar (SD) yaitu media pembelajaran yang berbentuk komik matematika. Menurut John W.Santtrock (1995:314), anak-anak sering mendengar dan menceritakan ceritacerita, dan ketika mereka mengembangkan kemampuan untuk membaca, mereka banyak terpengaruh oleh banyak jenis cerita yang ada di buku dan majalah.

Cerita-cerita sederhana memiliki struktur bagi mereka, dan setelah sering mendengar cerita-cerita, anak-anak mengembangkan suatu ekspectasi yang kuat tentang jenis informasi apa yang dimuat didalam cerita. Hasil akhir pengembangan media pembelajaran komik matematika ini adalah akan menyampaikan materi penjumlahan dan pengurangan sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dari hasil pembahasan, dapat diketahui bahwa untuk menyelesaikan sebuah media pembelajaran yang menarik bagi siswa yaitu komik matematika. Dalam proses penyusunan komik pembelajaran matematika dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, penggalian ide cerita, penyusunan naskah komik, penentuan gaya gambar, perencanaan tokoh dan karakteristiknya, sketsa komik halaman perhalaman,tracing/penintaan,scanning /transformasi data manual ke digital, pewarnaan digital dan terakhir cetak digital. Komik pembelajaran matematika ini mengusung materi keseharian, dimana situasi dan kondisi yang digambarkan dalam komik tersebut merupakan kejadian yang bersifat umum dan biasa ditemui oleh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD). Penambahan materi penjumlahan dan pengurangan dalam komik dilakukan dengan metode kasus, dimana audiens akan menerima sajian visual yang tidak jauh berbeda dengan kodisi riilnya seperti, ketika harus berbelanja, membayar harga belanjaan, dan menerima sejumlah uang kembalian. Sajian visual dalam komik menerangkan sesistimatis mungkin cara menyelesaikan berbagai situasi tersebut. Sajian visual berupa ilustrasi dalam komik diharapkan dapat memudahkan mereka dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan secara matematis.

nico

About these ads

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on May 10, 2011, in DUNIA MATEMATIKA and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. aku lagi bqn makalah tentang pengembangan media komik matematika..
    bs bagi infonya ttg ni gak, cozx sumberx dikit aplagi contoh komiknya..

  2. kreatif bro,. mantab,. lanjutkan, kembangkan!, halah,, :mrgreen:

  3. Inovasi yg bgus bro. .

  4. Agung Rangga

    hmm…
    Menggabungkan komik dengan matematika… :D
    Ide yang sangat bagus buat diterapkan… ;)

  5. wah Thumbs up, bisa jadi media pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan :)

  6. semoga dengan pembelajaran seperti komik ini,
    semangat belajar anak SD semakin bagus :)

  7. Waah boleh juga nih pembelajaran kaya gini.
    Selama ini kan matematik salah 1 pelajaran yang ditakuti.Kalo di buat komik jadi lebih seru deh.

  1. Pingback: Seo Diperoleh Dari Algoritma Matematika « Distro teknologi informasi

  2. Pingback: WELCOME TO MY BLOG « matematika blog for education

  3. Pingback: SEO DIPEROLEH DARI ALGORITMA MATEMATIKA « elnicovengeance

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,779 other followers

%d bloggers like this: