HAKIKAT MATEMATIKA

Sampai saat ini definisi matematika belum ada kesepakatan yang bulat, namun matematika dapat dikenal melalui karakteristiknya. Karakteristik matematika dapat dipahami melalui hakekat matematika. A. Ismunanto (2011:  3-6) menyebutkan pendapat beberapa tokoh:

1)      Menurut Kline (1973)

Kline dalam bukunya menyatakan bahwa Matematika bukanlah sebuah pengetahuan yang tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri. Adanya matematika semata-mata untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai persoalan sosial, ekonomi, dan alam. Cara atau metode yang digunakan dalam matematika untuk mencari kebenaran adalah metode deduktif.

2)      James (1976)

Menurut James, “Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep yang saling berhubungan satu dengan lainnya.”

Dari pendapat para tokoh diatas dapat kita ketahui bahwa matematika adalah ilmu tentang logika yang konsep-konsep didalamnyasaling berhubungan satu dengan lainnya, serta cara atau metode yang digunakan dalam matematika untuk mencari kebenaran adalah metode deduktif.

About these ads

Posted on October 7, 2012, in Teori-Teori dalam pembelajaran and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. hehe.. jujur demen banget sama pelajaran yang satu ini, gw punya banyak temen gara-gara matematika.

  2. gara gara hakikat matematika nie.. debat satu kelas ku
    knp ea ilmu nya mtk nie pasti tapi hakikatnya gak pasti,,
    :) confuse

  3. Matematika itu … Bikin gua frustasi
    Minggu depan siap2 remed mtk lg dah :’(

    Kok gua ngerasa bego bgt ya sama pljrn mtk. :(

    Salam hangat. :)

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,779 other followers

%d bloggers like this: