SNOWBALL THROWING

a)      Pengertian

Menurut Farhan (2011), snowball throwing merupakan pembelajaran yang melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain dan menyampaikan pesan tersebut kepada teman lainnya dalam satu kelompok serta menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas lalu dilemparkan kepada siswa lain. Kemudian siswa yang mendapat kertas menjawab pertanyaan tersebut.

b)      Langkah-langkah

Langkah-langkah Snowball Throwing adalah sebagai berikut:

Bahasa Indonesia: Repronegatif. Ibu Soerjoadip...

Bahasa Indonesia: Repronegatif. Ibu Soerjoadipoetro sedang berbincang-bincang dengan siswi-siswi National Onderwijs Instituut (Lembaga Pengajaran Bangsa) “Taman Siswa” di Bandung Nederlands: Repronegatief. Mevrouw Soerjoadipoetro converseert met de meisjes op het Nationaal Onderwijs Instituut “Taman Siswa” te Bandung, Java (Photo credit: Wikipedia)

Tabel 2.2. Langkah-langkah Snowball Throwing

Fase-Fase

Perilaku Guru

Fase 1:Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik Menjelaskan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik siap belajar
Fase 2:Menyajikan informasi Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
Fase 3:Mengorganisir peserta didik ke dalam tim-tim belajar Guru membentuk kelompok-kelompok kemudian memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
Fase 4:Membantu kerja tim dan belajar Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola, setelah itu dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama + 15 menit.
Fase 5:Mengevaluasi Setelah siswa dapat satu bola diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.Guru bersama-sama siswa membahas jawaban dari siswa tersebut.
Fase 6:Memberikan pengakuan atau penghargaan Guru mengakui usaha dan prestasi individu maupun kelompok.

(Agus Suprijono, 2010:128)

c)        Kelebihan dan Kelemahan

Menurut Diyan Tunggal safitri (2011) kelebihan dan kelemahan snowball throwing adalah:

1)        Kelebihan snowball throwing yaitu: a) Melatih kesiapan siswa dalam merumuskan pertanyaan, b) Siswa lebih memahami dan mengerti tentang materi pelajaran yang dipelajari, c) Membangkitkan keberanian siswa dalam mengemukakan pertanyaan kepada teman lain maupun guru, d) Melatih siswa menjawab pertanyaan, e) Merangsang siswa mengemukakan pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan, f) Mengurangi rasa takut siswa dalam bertanya, g) Siswa akan lebih mengerti makna kerjasama dalam menemukan pemecahan suatu masalah, h) Siswa akan memahami makna tanggung jawab, h) Siswa akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya.

2)        Kelemahan snowball throwing yaitu: a) Terciptanya suasana kelas yang kurang kondusif, b) Adanya siswa yang bergantung pada siswa lain, c) Pengetahuan tidak luas hanya berkutat pada pengetahuan sekitar siswa.

(http://web.sdikotablitar.sch.id/)

 

PUSTAKA::

About these ads

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on October 21, 2012, in Teori-Teori dalam pembelajaran and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,779 other followers

%d bloggers like this: