MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION

  1. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Explicit Instruction
    1. Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Explicit Instruction

Menurut Arends (dalam Trianto, 2009:41) “model pembelajaran explicit instruction adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah”.

Model Pembelajaran explicit instruction atau pengajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan  dengan pola selangkah demi selangkah.
Model explicit instruction merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah.      Pendekatan mengajar ini sering disebut model pengajaran langsung.             Apabila guru menggunakan model pengajaran langsung ini, guru mempunyai tanggung jawab untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan tanggung jawab yang besar terhadap penstrukturan isi/materi atau keterampilan, menjelaskan kepada siswa, pemodelan/mendemonstrasikan yang dikombinasikan dengan latihan, memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih menerapkan konsep atau keterampilan yang telah dipelajari serta memberikan umpan balik.
Tujuan model pembelajaran explicit instruction agar sisiwa dapat memahami serta benar-benar mengetahui pengetahuan secara menyeluruh dan aktif dalam suatu pembelajaran. Jadi model pembelajaran ini sangat cocok diterapakan dikelas dalam materi tertentu yang bersifat dalil pengetahuan agar proses berpikir siswa dapat mempunyai keterampilan procedural.

  1. Langkah–langkah Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Explicit Instruction

Menurut Kardi dan Nur (dalam Trianto, 2009:43) sintaks model pembelajaran explicit instruction disajikan dalam lima tahap seperti tampak pada tabel 2.3

Tabel 2.3

Sintaks Model Pembelajaran Explicit Instruction

Fase Peran Guru
Fase 1

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.

Guru menjelaskan TPK, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar.
Fase 2

Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan.

Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
Fase 3

Membimbing pelatihan

Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan awal.
Fase 4

Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik.

Mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik.
Fase 5

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.

Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

  1. Keunggulan dan Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Explicit Instruction

Tabel 2.4

Keunggulan dan Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Explicit Instruction

No Keunggulan Kelemahan

1

Siswa benar-benar dapat menguasai pengetahuannya. Memerlukan waktu lama sehingga siswa yang tampil tidak begitu lama.

2

Semua siswa aktif atau terlibat dalam pembelajaran. Untuk mata pelajaran tertentu.

 

(http://www.ras-eko.co.cc/2011/05/model-penbelajaran-explicit-instruction.html, diakses 31 Mei 2011)

 

 

 

PUSTAKA::

 

About these ads

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on January 22, 2013, in MODEL PEMBELAJARAN. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. apa kepanjangan TPK dalam model pembelajaran EI??
    terima ksih.

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,778 other followers

%d bloggers like this: