SEO DIPEROLEH DARI ALGORITMA MATEMATIKA

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on May 13, 2011, in DUNIA MATEMATIKA. Bookmark the permalink. 25 Comments.

  1. Di era Google Panda nilai pagerank sudah tidak menjadi faktor utama penentu posisi di halaman SERP. Tapi anehnya sampai saat ini pagerank tinggi masih diperjual belikan baik domain maupun backlink. Saya rasa pagerank benar2 produk google yang paling sukses..
    Artikelnya sangat informatif dan useful, nice share…

  2. gak mudeng yank… ok
    mr mau pa?

  3. wah ternyata semua matematika ya gan, ane bisa pusing ne

  4. Baru tau saya…thx atas info nya….
    Salam kenal sob…

  5. Ngeblog sajalah, pagerank mengikuti.. hihii

  6. Owh jadi semakin banyak link yang meogarah ke blog kita maka ranking blog kita akan semakin naik ya?
    Page rank blog saya masih NOL.
    http://kliwoon.blogspot.com/2011/05/orang-orang-jelek-akan-punah-dari-muka.html

  7. kalau buat ngecek ya setau saya pagerank naik,. Trus pengunjung dari perujuk mesin pencari jadi banyak,.

    Sandbox sepertinya bukan spam, tapi istilah dari gugel yang menghapus situs tersebut dari daftar,. Otomatis pengunjung tidak akan menemukan situs tersebut di hasil pencarian, gitu, taraffik langsung turun katanya kalo kena sandbox,.
    Untuk lebih lengkapnya yuk kita nyimak di forum2 wp aja,.

  8. sebenarnya banyak cara, dan SEO itu kompleks sekali,.
    tapi yang saya tahu, kalau terlalu “Optimal” malah nanti blog kita dimasukkan sandbox sama gugel,.

  9. Saya pernah nyri-nyari cara ngitung PR blog saya (PRnya masih 0 sih, hehehe)
    ternyata ada rumus algoritmanya juga.

    Hiiiaaaa… langsung saya tutup. Liatnya aja udah pusing.
    xixixixi

  10. betul betul betul, dasar SEO master,.
    Tapi saya belajar SEO nggak nyambung2,.😥

  11. DAn sekarang pun si algoritma sudah bisa dimanipulasi sama yang jagi SEO😀

  1. Pingback: WELCOME TO MY BLOG « matematika blog for education

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: