MATEMATIKA DAN CARA BELAJAR

Cara ini Asli ide saya sendiri. Tujuannya saya pengen Matematika itu jd sebuah mata pelajaran yang mudah dipahami. saya membaginya dengan 3 tingkatan yaitu ,

  1. PRO
  2. INTERMEDIET
  3. BEGINNER

Selengkapnya ada di bawah ini.

PRO

yang pertama adalah versi PRO. versi ini adalah versi saya banget [sombong] .

persyaratannya adalah ::

  1. memiliki daya pikir yang tinggi dan balance antara otak kanan , otak kiri, dan otak tengah.
  2. daya imajinasi dan sense yang tinggi sehingga mampu membuat ruang dimensi visual dalam pikiran.
  3. fokus.
  4. mengerti akan konsep .

setelah itu dipenuhi, mari kita lihat cara belajarnya.

pertama langsung kita ambil sebuah soal. pandang soalnya, kita bayangkan caranya, kita temukan berbagai jalan untuk menelesaikannya, kita pilih alternatif penyelesaian, dan kita selesaikan soalnya. semua itu dilakukan dalam pikiran atau ruang dimensi kita tadi. so, setelah itu ambil pulpen dan kertas, lalu tulis hasil jawaban kita.

INTERMEDIET

Cara ini memiliki persayaratan juga. syaratnya ::

  1. Tekun dan Rajin
  2. Kemauan yang lebih

cara belajarnya adalah ::

Maksimalkan pembelajaran yang dilakukan di sekolah, kemudian review kembali di rumah (ingat, hanya sekedar review). Kemudian kerjakan soal-soal yang. trus kerjakan semua soal. Lakukan dengan cara menuliskan dalam sebuah buku khusus untuk mengerjakan soal.

BEGINNER

Cara ini terinspirasi dari dosen saya bernama Pak. Gembong selaku dosen struktur aljabar dan workshop di kampus. Trimakasih atas inspirasinya pak😉.

Ok , kembali ke LAPTOP (lhoh??).

syarat untuk cara ini ::

  • kumpulkan sebanyak mungkin CONTOH SOAL

cara belajarnya adalah kita cocokan soal yang mau kita kerjakan ke contoh-contoh soal yang kita punya, kita cocokkan GAMBARNYA. maksudnya kita cocokkan angka dan semua informasi, kemudian ramu informasi dari soal yang akan kta kerjakan sesuai dengan FORMAT dari caontoh soal. Baik itu rumus, aplikasi rumus dan cara pengerjaannya.

Itu tadi adalah sebuah inspirasi dari saya, dan semua tidak luput dari kemauan kita sendiri…

semoga bermafaat saudaraku…:mrgreen:

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on May 23, 2011, in education and tagged , , . Bookmark the permalink. 20 Comments.

  1. mas, minta FB mu ya…biar mudah saling hub…soalnya sy jg mahasiswa mtk FMIPA UNTAN

  2. mungkin kalo soalnya gampang menurut ane, kayak nya bisa di level pro, tapi kalo soalnya menyangkut kata-kata yang ane kagak kenal, kayaknya beginer aja kagak sampe !!
    Hehe

    • nah, disitulah perlu adanya tutor ato guru…
      kadang aq jg g ngerti sama soal tertentu. ya kayak persamaan diferensial itu.. mata kuliah paling aq g suka… jangankan Pro, beginner aja aq g bisa… biarin aja, toh itu cuma mata kuliah tambahan aja.. hahahaha

  3. Wah, kalau saya sepertinya masuk yang golongan ketiga nih mas,…Beginner. Salam dari pekalongan

  4. saya rasa kunci semua pelajaran itu adalah matematika. Apabila kita dapat menguasai matematika dengan baik, pelajaran apa pun akan bisa kita lalui(kerjakan).🙂

  5. wah bisa pinter kalau sering kesini nih

  6. NardaKismoVIII

    matematika adalah pelajaran tersulit sepanjang sejarah gue.. haha😀

  7. Nanti kalo saya mau ujian CPNS diajarin ya Nic. Paling lemot kalo matematika sih. hehehe

  8. waduh, kalau yang pertama di kerjakan dalam ruang abstrak yah? Belum bisa belum bisa….
    Tapi, kalau mau terus berlatih, moga aku bisa. Aamiin

  9. matematika tuh yg penting bnyak berlatihnya,,,

  10. itu saran aq buat bagaimana cara blajar matematika…
    intinya tetep ngerjakan soal..

  11. juara komentar,.
    saya rasa cara belajar tersebut banyak yang dipraktekkan yang beginner malah,. Semuanya tergantung dari apa yang menjadi spesialisasi individu,. apakah orang itu cenderung menggunakan otak kiri atau kanan,.
    maaf nih sok tahu, hehehe,.
    btw, itu tingkatan bro Nico dalam mengajari anak didiknya ya?,

  1. Pingback: daftar isi « matematika blog for education

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: