TRIGONOMETRI LEARNING
Ketika disajikan sebuah sudut lancip dan diminta menentukan berapa nilai sinus sudut tersebut, beberapa guru menyatakan belum dapat ditentukan besarnya karena tidak jelas segitiga siku-sikunya, dan beberapa yang lain mencari busur derajat, mengukur besar sudutnya, kemudian mencari nilai sinusnya menggunakan tabel atau kalkulator. Hanya sebagian sangat kecil saja yang menggambar segitiga siku-siku dengan sudut tersebut sebagai salah satu sudut lancipnya. Itu pun ukuran segitiganya sembarang, sehingga perlu melakukan pembagian bilangan dengan pecahan yang tidak mudah. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan dasar tentang prosedur untuk menentukan perbandingan trigonometri suatu sudut belum mantap. Hal itu hanya salah satu saja dari beberapa penguasaan tentang dasar trigonometri yang belum mantap, meskipun mereka mungkin tidak merasa kesulitan untuk memanipulasi rumus. Kesulitan lain di antaranya ialah memulai pembelajaran menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan pembelajaran kontekstual dalam trigonometri, yang terutama disebabkan terbiasa hanya menekankan pada manipulasi rumus.
Trigonometri tidak akan lepas dari sudut dan kisah cinta antara sinus dan cosinus..
so, langsung saja klik
Posted on June 4, 2011, in education and tagged MATEMATIKA, trigonometri. Bookmark the permalink. 7 Comments.
*angkat tangan*
angkat kaki… 😉
*ikutan manggut*
ikutan geleng-geleng
*manggut-manggut*
geleng-geleng
Pingback: daftar isi « matematika blog for education