ANAKOVA DENGAN MINITAB

Seorang peneliti membandingkan efek empat metode pembelajaran A, B, C, dan D terhadap prestasi belajar matematika. Metode A dikenakan kepada kelompok 1, metode B dikenakan kepada kelompok 2, metode C dikenakan kepada kelompok 3, dan metode D dikenakan kepada kelompok 4, yang masing-masing kelompok beranggotakan 3 subjek. Sebelum penelitian dimulai, kepada para peserta diukur kemampuan awalnya. Datanya adalah sebagai berikut. (Y = kemampuan awal, sebagai variable kovariat; X = presatasi belajar matematika, sebagai variable terikat).

I

II

III

IV

NS

Y

X

NS

Y

X

NS

Y

X

NS

Y

X

1

3

2

1

1

8

1

2

5

1

4

11

2

2

4

2

1

9

2

5

10

2

6

16

3

4

9

3

4

13

3

2

3

3

2

6

Penyelesaian

Langkah-langkah dengan menggunakan minitab adalah sebagai berikut:

  • Masukkan data ke dalam minitab:

  • Setelah data dimasukkan, kita dapat menjalankan command dengan memilih Stat – Anova – General Linear Model di menubar sebagai berikut:

  • Setelah muncul kotak dialog general linear model, kemudian kita masukkan variabel X ke dalam kotak Response, dan variabel independen Metode ke dalam kotak Model di sebelah kanan, kemudian klik Covariates seperti berikut ini:

  • Setelah muncul kotak dialog General Linear Model – Covariates, kita akan memasukkan variable Y sebagai variabel penguat ke dalam kotak Covariates, kemudian klik OK.

  • Kemudian kita pilih menu Comparison, checklist Pairwise Comparison, Tukey, dan pada kotak Terms masukkan variabel yang kita gunakan sebagai faktor tadi yaitu Metode, nilai Confidence Interval 95%, kemudian klik OK, seperti berikut:

  • Setelah itu kita beralih ke menu Result, checklist Display Expected Mean, dan masukkan variabel Metode ke dalam kotak Display Least Square trus klik OK.

  • Kemudian klik OK lagi, maka akan ditampilkan output seperti berikut:

General Linear Model: X versus METODE

 

Factor  Type   Levels  Values

METODE  fixed       4  1, 2, 3, 4

 

 

Analysis of Variance for X, using Adjusted SS for Tests

 

Source  DF   Seq SS  Adj SS  Adj MS      F      P

Y        1   85.750  96.182  96.182  33.97  0.001

METODE   3   88.432  88.432  29.477  10.41  0.006

Error    7   19.818  19.818   2.831

Total   11  194.000

 

 

S = 1.68261   R-Sq = 89.78%   R-Sq(adj) = 83.95%

 

 

Term        Coef  SE Coef     T      P

Constant   1.727    1.181  1.46  0.187

Y         2.0909   0.3587  5.83  0.001

 

 

Unusual Observations for X

 

Obs       X     Fit  SE Fit  Residual  St Resid

1  2.0000  5.0000  0.9715   -3.0000     -2.18 R

 

R denotes an observation with a large standardized residual.

 

 

Expected Mean Squares, using Adjusted SS

 

Expected Mean

Square for

Source  Each Term

1  Y       (3) + Q[1]

2  METODE  (3) + Q[2]

3  Error   (3)

 

 

Error Terms for Tests, using Adjusted SS

 

Synthesis

Source  Error DF  Error MS  of Error MS

1  Y           7.00     2.831  (3)

2  METODE      7.00     2.831  (3)

 

 

Variance Components, using Adjusted SS

 

Estimated

Source      Value

Error       2.831

 

 

Means for Covariates

 

Covariate   Mean  StDev

Y          3.000  1.595

 

 

Least Squares Means for X

 

METODE    Mean  SE Mean

1        5.000   0.9715

2       12.091   1.0356

3        6.000   0.9715

4        8.909   1.0356

 

 

Tukey 95.0% Simultaneous Confidence Intervals

Response Variable X

All Pairwise Comparisons among Levels of METODE

METODE = 1  subtracted from:

 

METODE   Lower  Center   Upper  —–+———+———+———+-

2        2.392   7.091  11.790                    (——*——)

3       -3.546   1.000   5.546            (—–*——)

4       -0.790   3.909   8.608                (——*—–)

—–+———+———+———+-

-7.0       0.0       7.0      14.0

 

 

METODE = 2  subtracted from:

 

METODE   Lower  Center   Upper  —–+———+———+———+-

3       -10.79  -6.091  -1.392  (—–*——)

4        -8.31  -3.182   1.947     (——*——-)

—–+———+———+———+-

-7.0       0.0       7.0      14.0

 

 

METODE = 3  subtracted from:

 

METODE   Lower  Center  Upper  —–+———+———+———+-

4       -1.790   2.909  7.608              (——*——)

—–+———+———+———+-

-7.0       0.0       7.0      14.0

 

 

Tukey Simultaneous Tests

Response Variable X

All Pairwise Comparisons among Levels of METODE

METODE = 1  subtracted from:

 

Difference       SE of           Adjusted

METODE    of Means  Difference  T-Value   P-Value

2            7.091       1.420   4.9939    0.0066

3            1.000       1.374   0.7279    0.8830

4            3.909       1.420   2.7531    0.1036

 

 

METODE = 2  subtracted from:

 

Difference       SE of           Adjusted

METODE    of Means  Difference  T-Value   P-Value

3           -6.091       1.420   -4.290    0.0148

4           -3.182       1.550   -2.053    0.2559

 

 

METODE = 3  subtracted from:

 

Difference       SE of           Adjusted

METODE    of Means  Difference  T-Value   P-Value

4            2.909       1.420    2.049    0.2572

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on July 8, 2011, in education and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Nico….q mo tnya dung???
    q kn ngmbil judul keefektifan model pmbelajaran kooperatif dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika…
    nah…q kn bca2 buku tentang anokova…trus gmn cranya ngerjain pke anacovanya??soalnya q bru bljar tau tentang anacova….untuk pnerapanya msh bngung…

  2. z jga bingung

  3. ada proses yang lainnya nggak?? analisis yang lain?
    marging, spliting nya ada nggak??

  4. sorry mas untuk kode df, ss, adj sya dapat info drimana???
    klo mw rekomendasi pake buku apa ya???

    trus kesimpulan dri ankova ini apa????
    sory bnyk nanya maklum bru pemula..

  5. Boleh minta file pdf atau word-nya ga? Terima kasih sebelumnya ya…

  6. bingung saya dengan kode2 di atas. maklum bukan jurusannya \;)

  1. Pingback: daftar isi « matematika blog for education

  2. Pingback: MEMBACA HASIL MINITAB ANAKOVA (ANALISIS KOVARIAN) « Nico For Math

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: