Sistem Numerik Berdasarkan Posisi

Di dalam sistem numerik ini, penulisan angka berdasarkan posisi dan basis. Posisi suatu angka dalam sistem ini menentukan nilai dari bilangan yang diwakilinya. Maka notasi yang digunakan disebut notasi posisional. Sistem numerik berdasarkan posisi yang sangat terkenal dan dipakai paling luas adalah sistem bilangan desimal. Sistem desimal ini merupakan sistem numerik berdasarkan posisi yang berbasis 10. Simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 adalah bagian dari sistem desimal. Sebagai contoh 612, angka ini berarti:

2 × 100 = 2 × 1 = 2
1 × 101 = 1 × 10 = 10
6 × 102 = 6 × 100 = 600

Basis eksponen

Selain sistem desimal yang digunakan sehari-hari, terdapat pula sistem lainnya, yaitu:

  • Sistem biner, berbasis 2,
  • Sistem oktal, berbasis 8,
  • Sistem heksadesimal, berbasis 16,
  • Sistem seksagesimal, berbasis 60,
  • dan sistem numerik berbasis lainnya.

Seluruh sistem di atas menggunakan eksponen. Berarti setiap angka pada posisi tertentu, nilainya adalah sebesar angka tersebut dikalikan basisnya dipangkatkan posisinya.

a_na_{n-1}...a_2a_1a_0 = \sum^{n}_{i=0}a_i\times b^{i}

Posted on October 21, 2011, in education and tagged , . Bookmark the permalink. 28 Comments.

  1. kalau tentang matematika sih saya suka dalam menghitung juga , namun bagian matematik yang saya kurang paham ya masalah alzabar nya sobb,,

  2. Precisely how long did it acquire u to create “Sistem Numerik Berdasarkan Posisi | Nico
    For Math”? It offers an awful lot of beneficial information.
    Many thanks -Ola

  3. pengen pintar matematika ,saya jujur saya gabisa matematika ,setiap bab
    gapernah masuk otak .

  4. blog walking ya mas..😀

  5. ampuuun..nyerah saya mas klo masuk ke blog ini😀
    hanya berkunjung dan selamat liburan week end.. lama gak kesini soalna😀

  6. Gilee.. salut buat yang punya blog… Matematika banget…😀

  7. Wah bisa nambah ilmu nih ^^

    salam tukar link yukkk..

  8. menambah ilmu😀
    nice info🙂
    thanks atas info’y🙂

  9. Saya datang memberitahukan bahwa link disave.wp.com pindah ke ke blogspot.

    Tolong diganti ya🙂

    Link bro juga udah saya pasang.

    Tolong dikonfirmasi.

    Salam Persahabatan.

  10. berknjung lagi kesini . . .🙂

  11. Baca-baca sambil ninggalin jejak disini🙂

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂

    Salam Persahabatan

    disave.wp.com

  12. waduh kepala saya pening sob . . .
    ane paling ga ngerti masalah yg gitu-gituan . . .🙂
    salam kenal gan . . .

  13. mantep neh postingaya salam kenal mas bro

  14. mampir2 kesini, wah infonya sangat berguna.. dapet PR nih brother, silahkan di cek http://frapemoccha.wordpress.com/2011/12/01/ada-apa-dengan-sebelas/

  15. Ane berkunjung Sob, sekalian ngasih PR
    PR Blogger | Waktu Ku SD.

  16. numpang exist sob😀

  17. Mengingatkan saya kembali ke matematika waktu masih sekolah dulu
    Sukses selalu ya untuk kuliahnya nie..

  18. mantap gan, bisa jadi referensi pelajaran bilangan biner nih

  19. wahhhh, jadi nostalgia..

  20. muter-muter kepala saya kalo liat angka, hehe

  21. kunjungan balik nih salam kenal

  22. Kunjungan siang bro.

  23. hallo bro, punya crack design expert 8 gk hehehe🙂 minta

  24. Makin exis saja mas bro.
    Terus berbagi kawan…

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

