Hakikat Pembelajaran

Menurut Isjoni (2011: 14) “Pembelajaran adalah sesuatu yang dilakukan oleh siswa, bukan dibuat oleh siswa”. Sedangkan menurut Santrock (2008: 266), “Pembelajaran (learning) dapat didefinisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan, dan keterampilan berpikir yang diperoleh melalui pengalaman”.

Miarso (dalam Bambang Warsita, 2008: 85) menyatakan bahwa “Pembelajaran disebut juga kegiatan pembelajaran (instruksional) adalah usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif dalam kondisi tertentu”.

Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan agar terjadi proses belajar pada diri peserta didik.

 

 

 

Posted on August 31, 2012, in Teori-Teori dalam pembelajaran and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: