LATAR BELAKANG SKRIPSI KUANTITATIF part 1

new guru

new guru (Photo credit: Bopuc)

Pendidikan merupakan hal yang wajib diberikan kepada setiap manusia. Karena dengan pendidikan seseorang dapat memperoleh ilmu untuk bekal hidup. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan juga terus berkembang sehingga mutu dari pendidikan itu juga ikut meningkat. Dengan meningkatnya mutu pendidikan, kualitas sumber daya manusia juga dituntut untuk meningkat pula. Salah satu usaha untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pendidikan yaitu dengan pendidikan matematika. Matematika merupakan ilmu yang dapat mengembangkan cara berpikir. Oleh karena itu matematika sangat diperlukan dalam kehidupan.

Pendidikan matematika di sekolah juga mengalami perkembangan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik. Banyak upaya yang dilakukan agar pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya ini meliputi penyediaan alat-alat dan media pembelajaran, peningkatan tingkat pendidikan guru, penggunaan model-model pembelajaran yang efektif sehingga siswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, dan upaya-upaya yang lainnya.

Tetapi pada kenyataannya, masih ada siswa yang merasa bosan dan malas untuk belajar. Kemudian mereka juga tidak mau untuk menyampaikan pendapatnya. Hal ini karena kurang efektifnya pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Kurang adanya keinginan untuk bertanya menjadikan siswa tidak mampu dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, dengan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran NHT akan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Model pembelajaran STAD pada dasarnya adalah guru hanya sedikit menjelaskan tentang materi yang diajarkan kemudian siswa diberi sebuah permasalahan yang harus diselesaikan oleh siswa baik secara berkelompok maupun individu. Sedangkan model pembelajaran NHT, guru juga sedikit menjelaskan tentang materi kemudian memberi permasalahan pada siswa yang diselesaikan secara berkelompok. Kemudian siswa akan diberi nomor untuk kemudian diundi. Siswa yang nomornya muncul akan mempresentasikan hasil pekerjaannya. Dengan begitu akan timbul rasa tanggung jawab pada diri siswa tersebut.

Dari uraian di atas, maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul: PERBANDINGAN EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 13 MADIUN.

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on October 28, 2012, in Teori-Teori dalam pembelajaran and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. bikin latar belakang masalah menurut ane cukup rumit juga ya

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: