CONTOH KERANGKA PEMIKIRAN 3

Matematika sangat berkaitan dengan konsep-konsep yang abstrak. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh setiap siswa. Sehingga ada anggapan bahwa matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit dan memerlukan ketepatan dalam proses belajarnya. Sehingga siswa selalu menganggap bahwa dirinya tidak mampu untuk memahami materi pelajaran matematika.

Pada usia siswa SMP mengalami perkembangan intelektual dan fisik yang cepat dan mereka telah memiliki kemampuan untuk melakukan pemikiran dan mengeluarkan ide-ide serta menggunakan pola berpikir yang formal dan juga dapat mencari informasi dengan berbagai cara untuk mendapatkan pengalaman melalui interaksi dengan teman sebayanya.

Maka dari itu guru harus menggunakan model pembelajaran yang variatif, efektif, dan kreatif agar pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa.

Model pembelajaran snowball throwing dapat mendorong keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran snowball throwing, pembelajaran akan menjadi menyenangkan serta mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam aktifitas kelas. Keaktifan siswa pada snowball throwing terwujud pada saat siswa berusaha untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari temannya. Sehingga akan tercipta komunikasi yang terbuka dan bebas untuk mengatasi masalah. Sehingga siswa dapat menguasai materi yang dipelajari sekilas hanya dari teman sekelas saja dan pengetahuan sedikit dari temannya serta kondisi kelas yang kurang kondusif akan dapat membuat kelas menjadi gaduh. Dengan demikian, model pembelajaran snowball throwing belum sesuai dengan perkembangan siswa SMP secara maksimal. Karena kegiatan pembelajarannya dikerjakan secara individu akibatnya siswa belum seluruhnya memahami materi pelajaran.

Model pembelajaran NHT merupakan suatu model kelompok sederhana yang melibatkan seluruh siswa dalam proses pembelajaran. Dalam model pembelajaran NHT kebersamaan kelompok akan terlihat keaktifannya baik secara individu maupun kelompok. Dengan pembagian kelompok dalam kelas, mereka akan berdiskusi bersama, mereka akan berdiskusi bersama, saling mengeluarkan pendapat antara siswa satu dengan siswa yang lainnya, hingga seluruh anggota dari masing-masing kelompok menguasai dan memahami bagaimana memecahkan masalah dalam kelompoknya. Pemberian nomor akan mendorong siswa agar turut aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Kondisi ini akan mendorong sebagian besar siswa menguasai materi sepenuhnya serta mewujudkan komunikasi dan interaksi sosial untuk saling melengkapi pengetahuan dan pengalaman dari masing-masing siswa. Dengan demikian, model pembelajaran NHT sudah sesuai dengan perkembangan siswa SMP karena dalam proses pembelajaran siswa mendapat pengalaman belajar dari proses interaksi kelompok sehingga dapat menguasai materi yang dipelajari.

Dari uraian di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dengan kelompok dapat menyelesaikan masalah matematika dengan pemberian soal kepada masing-masing siswa. Sedangkan model pembelajaran NHT dapat menyelesaikan masalah matematika secara berkelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peberapan model NHT lebih efektif dari pada snowball throwing dalam meningkatkan prestasi siswa.

Selain model pembelajaran, untuk mendukung pembelajaran yang aktif diperlukan keaktifan siswa. Karena keaktifan siswa sangat berpengaruh untuk melakukan aktifitas-aktifitas dalam pembelajaran dan memahami pelajaran matematika.

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on January 26, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: