ANALISIS KOVARIAN (ANAKOVA)

Pengertian gamblangnya analisis kovarian (anakova) adalah penggabungkan antara uji komparatif dan korelasional. Lantas apa bedanya anakova dengan dengan anova? Kalau anova hanya menguji perbandingan saja akan tetapi kalau anakova kita menguji perbandingan sekaligus hubungkan. Isitilah kova dalam anakova berasal dari kata kovarian (covariance) yang menunjukkan adanya variabel yang dihubungkan. Ingat co dalam Bahasa Inggris artinya bersama, yang menunjukkan adanya hubungan. Kita membandingkan variabel tergantung (Y) ditinjau dari variabel bebas (X1) sekaligus menghubungkan variabel tergantung tersebut dengan variabel bebas lainnya (X2). Variabel X2 yang dipakai memprediksi inilah yang dinamakan dengan kovarian.

selanjutnya bisa di download langsung filenya….

analisis datanya menggunakan software SPSS.

About NICO MATEMATIKA

Welcome to my blog. My name is Nico. Admin of this blog. I am a student majoring in mathematics who dreams of becoming a professor of mathematics. I live in Kwadungan, Ngawi, East Java. Hopefully in all the posts I can make a good learning material to the intellectual life of the nation. After the read, leave a comment. I always accept criticism suggestion to build a better me again .. Thanks for visiting .. : mrgreen:

Posted on June 7, 2011, in STATISTIKA and tagged , , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. makasih udah share analisis ini, nyarinya agak susah 😦
    boleh minta tlong share rujukan buku statistik yang membahas kovarian ga ya? maksih sebelumnya 😀

  2. saya thu lg dalam proses nyusun bwt skripsi tp mentok ma analisiss datanya, proposal sy berkaitan dng perbandingan dng 1 variabel. mohon bantuannya y. sypa tw pendapatnya bs mmbantu.. thank be4

  3. sy mw tanya, sy lg sementar nyusun tp mentok dengan analisisx. penelitian sy berkaitan ma perbandingan. kira2 bs mnta bantuan, pendapat n solusinya nda??? klo bs sih,,

  4. mas Nico, jika variabel nya ada yg d kontrol, cra ambil kesimpulanya gimana?

  5. bro mau tanya… dalam analisis kovarian ini apakah jumlah sampel antara variabel yang ingin dibedakan harus sama??? atau jumlah sampel boleh tidak berimbang….. dan sejauh mana perbandingan yg diperbolehkan(misalkan sampel antar variabel pembeda jumlahnya boleh tidak sama)???????

    • sejauh yang saya pelajari, jumlah antara variabel yang ingin dibedakan selalu sama. Karena setiap variabel pasti mempunyai kovariat… Tetapi ketika kita tidak memperdulikan kovariat, berarti langsung dibawa ke anava satu jalan….

      apakah maksud pertanyaannya seperti itu??

  6. Cuma mau ngasih tau mas Elnico, anda dapat Award.
    cek di http://pendek.in/053b3

  7. Mas Nico ni pernah ikut olompiade matematika ya….?
    Gila semua dah ngelotok….

  1. Pingback: daftar isi « matematika blog for education

LEAVE A COMMENT IN HERE. COMMENTING IN HERE IS ALWAYS AUTO APPROVE. PLEASE NO SPAM!!! BECAUSE I HATE SPAM... THANKS A LOT..... :mrgreen: